17 Oktober 2008

Kampanye Bangkit dan Berbuat (SUTA 2008)


Pada tahun 2000, 189 kepala negara termasuk Indonesia mengikrarkan janji untuk menanggulangi kemiskinan dalam Pertemuan Tingat Tinggi PBB di New York. Janji tersebut dituangkan dalam deklarasi millenium atau yang dikenal dengan Millenium Development Goals (MDGs). Isi MDGs ini adalah:
  1. Menanggulangi kemiskinan dan kelaparan.
  2. Memenuhi pendidikan dasar untuk semua.
  3. Mendorong kesetaraan jender dan pemberdayaan perempuan.
  4. Menurunkan angka kematian balita.
  5. Meningkatkan kualitas kesehatan ibu melahirkan.
  6. Memerangi HIV dan AIDS, malaria dan penyakit menular lain.
  7. Menjamin kelestarian fungsi lingkungan hidup.
  8. Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.
Delapan tahun sudah sejak MDGS diikrarkan, namun belum tampak capaian konkret dari MDGs di Indonesia. Penduduk miskin di Indonesia mencapai 39 juta orang (17,75%) dari total penduduk sebesar 220 juta orang (BPS, Maret 2006). Masih banyak fasilitas- fasilitas pendidikan yang jauh dari layak. Kasus HIV dan AIDS terus meningkat. Angka kematian ibu masih tinggi. Penggundulan hutan semakin bertambah, dan pengabaian terhadap hak-hak kelompok minoritas masih terus berlangsung.
Kampanye BANGKIT DAN BERBUAT dilakukan serentak dalam waktu 3 X 24 jam pada tanggal 17-19 Oktober 2008 di berbagai belahan dunia secara bersamaan dengan nama STAND UP AND TAKE ACTION (SUTA) Campaign untuk mengingatkan pemerintah pada janji pemerintah untuk sungguh-sungguh mengerahkan semua upaya dan sumberdaya guna menanggulangi kemiskinan, melalui perbuatan konkret masyarakat secara luas serta untuk memperlihatkan perbuatan konkret yang dilakukan oleh masyarakat di seluruh dunia dengan mengangkat pesan yang sama yakni solidaritas, dukungan dan tindakan / perbuatan konkret bagi penanggulangan kemiskinan dan pencapaian tujuan pembangunan millenium. Kampanye BANGKIT DAN BERBUAT merupakan versi Indonesia dari STAND UP AND TAKE ACTION Campaign
Kampanye global ini dilaksanakan menjelang peringatan Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional pada tanggal 17 Oktober. Selain itu juga bertepatan dengan Hari Gelang Putih bagi Seruan Global bagi Aksi Melawan Pemiskinan (White Band Day of the Global Call for Action Against Poverty).

RANGKAIAN KEGIATAN SUTA ALA PKBI DIY
1.Pengumpulan buku bekas dan baru sebanyak 5.000 buah
Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 10-19 Oktober 2008. Target dari kegiatan ini yaitu : Sekolah, Komunitas, LSM, Instansi pemerintah, Instansi swasta. Tujuan dari pengumpulan bekas dan baru ini untuk mendukung pembentukan perpustakaan komunitas.

2.Pengumpulan pesan remaja 
PKBI DIY akan membuat post card sebanyak 5.000 lembar yang isinya pernyataan sikap remaja dan dukungan dari masyarakat. Post card ini akan disebarluaskan di: SekolahKomunitas OrmasLSMTempat nongkrong remajaPelaksanaan kegiatan ini akan dimulai tanggal 12-19 Oktober 2008. Tujuan dari pengumpulan pesan remaja ini sebagai media advokasi remaja kepada pemegang kebijakan. 

3.Long March dan Orasi
Kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 18 Oktober 2008 pukul 16.00 WIB diikuti olehorganisasi-organisasi yang peduli dengan isu MDGs. Parade ini akan dimulai dari Taman Parkir Abu Bakar Ali sampai Monumen SO 1 Maret.

INGIN BERPARTISIPASI?
Hubungi:
Youth Center PKBI DIY
Jl. Taman Siswa Gang Basuki MG II/ 558 Surokarsan Yogyakarta
Telepon : 0274 - 419709
www.pkbi-diy.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar