17 September 2012

Menghilangkan Noda Luntur [Bukan Tips]

Pakaian kesayangan anda terkena noda luntur dari pakaian lain? Saya punya tips untuk agar noda tersebut hilang:

1. Keringkan pakaian anda sampai benar-benar kering.
2. Ambil bensin secukupnya, siramkan ke pakaian anda.
3. Nyalakan api, bakar pakaian anda.
4. Noda luntur di pakaian anda hilang. Pakaian anda juga.

Ya begitulah. Judul blog saya memang menyesatkan. Terserah. Saya sedang kesal. Celana jeans kesayangan saya terkena noda luntur yang lumayan parah. Saya sudah coba mengikuti satu tips yang saya temukan di internet. Saya campur asam cuka dan deterjen dalam ember yang diisi air hangat, lalu pakaian yang terkena noda luntur tersebut saya rendam semalaman (katanya sih cukup setengah jam saja, tapi saya merasa karena noda lunturnya lumayan parah, akan dibutuhkan waktu lebih lama). Ya, saya berhasil. Berhasil mengubah kamar mandi saya menjadi beraroma bak dapur tukang bakso. Noda lunturnya masih setia menempel. (Saya menduga, tips tersebut mungkin bisa berlaku untuk noda luntur yang tidak terlalu parah, tidak di pakaian berbahan jeans dan tindakan dilakukan sesegera mungkin).

Yang bikin saya kesal adalah juga keteledoran saya saat menerima pakaian dari laundry. Saya tidak langsung mengeceknya. Sudah menjadi kebiasaan saya, pakaian yang saya ambil dari laundry tidak langsung saya buka. Tidak ada alasan apa-apa. Malas saja. Kesal lainnya adalah, si tukang laundry sama sekali tidak memberi tahu kalau celana saya kelunturan (dari sekian pakaian yang saya laundry, cuma celana itu yang terkena noda luntur). Setidaknya ya, minta maaf deh. Saya tidak akan nuntut, percuma juga nuntut laundry rumahan. Karena sudah terlanjur seperti ini, saya memutuskan tidak akan menggunakan jasa laundry tersebut lagi.

Ibaratnya, nila setitik rusak susu sebelanga. Kesalahan-kesalahan kecil seringkali merusak sesuatu yang lebih besar. Saya bayangkan ada beberapa orang yang juga kesal karena pakaiannya terkena noda luntur dari laundry yang sama di waktu yang bersamaan juga. Beberapa di antaranya lalu memutuskan tidak akan menggunakan jasanya lagi karena toh, di Jogja ini mencari jasa laundry seperti mencari warung burjo. Mudah, terutama di area kost-kostan. Berapa banyak kerugian si tukang laundry setelah ditinggal beberapa pelanggannya karena masalah sepele itu? Andaikan si tukang laundry lebih teliti. Andaikan si tukang laundry mau mengakui kesalahannya.

Mengakui kekeliruan kita seringkali bukan perkara semudah mengambil kotoran hidung dan menempelkannya di bawah meja. Tapi percayalah, itu adalah hal pertama yang harus dilakukan jika kita masih ingin dipercaya oleh orang lain. Kekecewaan atau bahkan rasa tersakiti orang lain memang tidak akan hilang begitu saja, namun setidaknya itu menunjukkan bahwa kita sangat menyesal dengan kekeliruan yang telah kita buat dan meyakinkan orang lain bahwa kita akan berusaha untuk tidak mengulang kekeliruan yang sama. Seperti pakaian yang terkena noda luntur, nodanya mungkin hilang, tapi si pakaian tidak akan pernah sama seperti saat pakaian tersebut masih baru, bukan?

Selamat ber-Senin ria!


PS: bagi yang punya saran bagaimana menghilangkan noda luntur yang lumayan parah pada celana jeans, silakan lho...




6 komentar:

  1. kayaknya sblm bw laundry mas jg sdh ks tau mn2 pakaian yg rentan luntur,spy bisa di spesialkan...krn kl d laundry besar udh ada pemberitahuan kl ada pakaian yg luntur,laundry tdk bertanggung jawab....utk urusan maaf memaafkan sdh sepatutnya laundry tsb lakukan thdp mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang pasti itu jeans kelunturan bukan dari pakaian saya, karena warna luntunya merah, dan saya tidak punya bahan berwarna merah yang luntur hehe.. iya, persoalannya di urusan maaf aja sih

      Hapus
  2. Laundry juga tdk tahu bila ada salah satu pakaian Anda ada yang luntur, kecuali dlm proses pencucian tsb laundry nya mencampur pakaian Anda dg pakaian org lain yang luntur.
    Solusinya claim ke laundry, laundry memang tdk bertanggung jawab thd pakaian yang kena luntur bila pelanggan tidak memberitahukan / memisahkan pakaian lunturnya. Laundry yang baik akan mencoba menghilangkan noda luntur tersebut dg proses khusus. Tapi tidak menjamin 100% bisa berhasil hilang.

    Cara utk menghilangkan noda kelunturan :
    campurkan Oxyboost dengan emulsifier (kedua bahan bisa dibeli di toko/suplier bahan kimia laundry), pake air panas secukupnya, setelah timbul busa, cemplungkan pakaian yang kena luntur tersebut. aduk2 dan diamkan. setelah perendaman 2 jam, cek, bila noda luntur msh nempel, sikat2 manual pake emulsifier. ulangi proses hingga noda luntur hilang sama sekali dari pakaian kesayangan anda

    BalasHapus
  3. coba buka http://restariny.blogspot.com/2013/02/tips-menghilangkan-kelunturan-pada.html

    BalasHapus